Assalamualaikum Wr.Wb
- Asal Mula Blues
The Blues Dimana mana , Dalam bentuk Jazz , R&B dan Rock And Roll Di cirikan oleh Progresif Kord Tertentu dengan bar blues 12 progresi akord. yang paling umum dengan catatan biru.
Genre blues didasarkan pada bentuk blues tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Blues dapat dibagi menjadi beberapa subgenre mulai dari negara untuk blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke-20. Paling dikenal adalah Delta ,
Piedmont , dan gaya Blues Chicago. Perang Dunia II menandai transisi dari akustik ke electric blues dan pembukaan progresif musik blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, terbentuk suatu hibrida yang disebut revolusi Blues Rock.
Istilah "blues" mengacu pada "Blues Devil", yang berarti melankolis dan kesedihan, penggunaan awal istilah
dalam pengertian ini ditemukan pada George Colman s 'satu babak sandiwara Blue Devil (1798). Meskipun penggunaan frase dalam musik Amerika Afrika mungkin lebih tua, telah dibuktikan sejak tahun 1912, ketika Hart Wand s '" Dallas Blues "menjadi hak cipta pertama komposisi blues. Lyrics frase sering digunakan untuk menggambarkan suasana hati tertekan .
Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas
mantan Budak- Budak Afrika di AS. Penggunaan Blue Note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai "jawaban" bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat Di era kini banyak Blues Lovers lahir. Mereka menyimak, belajar, menulis, memainkan, dan bikin album.
- Kronologi Blues
unsur utama Afrika Amerika dan Amerika musik populer, menjangkau khalayak melalui pengaturan Handy white dan betina klasik blues performer. Blues berkembang dari pertunjukan informal di bar-bar untuk hiburan di bioskop. Pertunjukan Blues diselenggarakan oleh Teater Pemilik bookers Asosiasi di klub malam seperti Cotton Club dan sendi Juke seperti bar di sepanjang Jalan Beale di Memphis. Beberapa perusahaan rekaman, seperti America Record Corporation , Okeh Records , dan Paramount Records , mulai merekam musik Amerika - Afrika.
1920/1921/1922---lst. recordings by vaudeville-blues artists: Edith Wilson , Lucille Hegamin & Her Blue Flame Syncopators, etc. 1920/1921/1922---lst blues. Rekaman oleh vaudeville-seniman: Edith Wilson , Lucille Hegamin & Her Blue Flame Syncopators, dll
1923 --- Ma Rainey dan Bessie Smith debut rekaman; juga Clara Smith, Henderson Rosa, dll Pertama
pedesaan blues-artis untuk merekam beberapa instrumental gitar oleh Sylvester Weaver; termasuk "Guitar kain" yang beberapa tahun kemudian, Bob Wills & putih Nya Texas playboy diadaptasi sebagai negara musik klasik "Steel Guitar kain". 'Merekam lapangan' (yaitu dibuat di luar New York atau Chicago) dilakukan oleh Lucille Bogan, dalam gaya blues-vaudeville. 1924 --- lst. Lama Selatan JUG Band, dll Pertama 3 laki-laki, pedesaan, blues penyanyi untuk mendapatkan pada disk: Ed Andrews, Daddy pipa asap kompor & Papa Charlie Jackson.
1925/1926---Blind Lemon Jefferson sulit 'pertama' blues penyanyi untuk merekam, juga Bo Weavil Jackson
, Blind Blake & Mr Freddie Spruell, tanggal 1. Delta-gaya bluesman pada lilin. Juga Peg Leg Howell dari Georgia.
1927 --- Blind Willie McTell & Barbekyu Bob rekaman debut - juga Frank Stokes, Memphis JUG Band.
1st. Penyanyi blues dari Carolina: Julius Daniels. Lucille Bogan blues perubahan gaya pedesaan baku.
1928 --- Perekaman debut Tommy Johnson, Robert Wilkins, Cannon's JUG Stompers, Leroy Carr &
Scrapper Blackwell, dll 1. blues using 'hokum' in the title, by Coley Jones & Dallas String Band. blues menggunakan 'hokum' dalam judul, oleh Coley Jones & Dallas String Band. And 1st. Dan 1. use of 'boogie woogie', by Pine Top Smith. Penggunaan 'boogie woogie', oleh Pine Top Smith.
1929 --- Charley Patton 1. recording. rekaman. 1st. 1. version on wax of “Roll & Tumble Blues”, by
Hambone Willie Newbern. versi pada lilin dari "Roll & Tumble Blues", oleh Willie Hambone Newbern. 1st. 1. record of”44 catatan "44 Blues”, by Lee Green. Blues ", oleh Green Lee. Memphis Minnie & Kansas Joe start recording. Memphis Minnie dan Kansas Joe mulai merekam.
1930 --- Bukka White & Anak rekaman debut House; juga Peetie Wheatstraw. 1932 --- Paramount
Records (mayor 'ras' label rekaman) go bust - pengurangan di semua sesi rekaman memperdalam Depresi Besar. Leadbelly sisi 1933, Perpustakaan Kongres; diawasi oleh John Lomax. 1934 --- Pertama kelompok Sante Fe dari pianis untuk merekam; dengan nama Rob Cooper. Cooper.
1935---lst. Leadbelly's 1st. termasuk itu "belakangan Baby Please Don't Go"'s. Leadbelly 1. commercial
records for ARC More urbanised blues appearing by such artists as Jazz Gillum, Washboard Sam, Big Bill Broonzy, etc. catatan komersial untuk ARC Lebih urbanisasi blues muncul dengan artis seperti Jazz Gillum, papan Sam, Big Bill Broonzy, dll
1936---Robert Johnson's 1st. --- Robert Johnson 1936's 1. records. catatan. Lebih Texas blues pianis
mendapatkan pada disk: Andy Boy, Pinetop Burkes, dll 1937 --- Pertama cakram oleh "Sonny Boy" John Lee Williamson, termasuk "Good Morning, Sekolah Girl". 1938 --- Big Joe Turner catatan dengan pria woogie boogie, Pete Johnson. 1st. gitar listrik dalam blues, dimainkan oleh jazzman putih, George Barnes; pada rekor oleh Jazz Gillum untuk label Bluebird.
1941--- lst. Catatan Lele Blues ", oleh Robert Petway, &" potong Saw ", oleh Tony Hollins. Kedua lagu
berasal dari Tommy McClennan, yang juga direkam. Rekaman debut Boy 'Arthur' Big Crudup ('s mentor Presley). Muddy Water's 1st. Air berlumpur itu 1.Rekaman untuk Perpustakaan Kongres.
1942 --- Strike dinyatakan oleh James Petrillo, Presiden Federasi Musisi Amerika (AFM) terhadap
perusahaan rekaman & operator kotak Juke. Pemogokan + penjatahan yang ketat dari lak (digunakan dalam pembuatan 78's), efektif berhenti rekaman blues. Larangan Petrillo berlangsung sampai 1944; larangan berarti tidak ada studio rekaman untuk beberapa waktu.

Musisi Blues Di Era Sekarang :
Pelajaran pertama kita adalah bentuk dasar rhytm pada blues. Pengetahuan ini harus dikuasai oleh blueser
karena ke khasan inilah yang membedakan musik blues dengan musik lainnya. Sangat mudah dikenali bagi yang sudah tahu musik blues.
Seperti telah dijelaskan pada materi tempo dan power chord, kita akan melakukan rhytm pelajaran pertama
dengan menggunakan power chord dan ini sangat umum dan selalu ada lagu blues baru dengan type strum seperti contoh ini.
12 Bar Blues
Progressive blues yang paling mendasar dan sangat umum adalah 12 bar dan 8 bar yang disebut Stright Eight. Progress chord selalu I-IV-V dan seharusnya adalah dominanth 7. Namun untuk memulai kita akan menggunakan power chord untuk memudahkan pemahaman awal.
Di bawah ini adalah satu type pattern dari banyak sekali rhytm dan silahkan pelajari pelan-pelan. Tunggu
pattern rhytm lainnya.

pedesaan blues-artis untuk merekam beberapa instrumental gitar oleh Sylvester Weaver; termasuk "Guitar kain" yang beberapa tahun kemudian, Bob Wills & putih Nya Texas playboy diadaptasi sebagai negara musik klasik "Steel Guitar kain". 'Merekam lapangan' (yaitu dibuat di luar New York atau Chicago) dilakukan oleh Lucille Bogan, dalam gaya blues-vaudeville. 1924 --- lst. Lama Selatan JUG Band, dll Pertama 3 laki-laki, pedesaan, blues penyanyi untuk mendapatkan pada disk: Ed Andrews, Daddy pipa asap kompor & Papa Charlie Jackson.
1925/1926---Blind Lemon Jefferson sulit 'pertama' blues penyanyi untuk merekam, juga Bo Weavil Jackson
, Blind Blake & Mr Freddie Spruell, tanggal 1. Delta-gaya bluesman pada lilin. Juga Peg Leg Howell dari Georgia.
1927 --- Blind Willie McTell & Barbekyu Bob rekaman debut - juga Frank Stokes, Memphis JUG Band.
1st. Penyanyi blues dari Carolina: Julius Daniels. Lucille Bogan blues perubahan gaya pedesaan baku.
1928 --- Perekaman debut Tommy Johnson, Robert Wilkins, Cannon's JUG Stompers, Leroy Carr &
Scrapper Blackwell, dll 1. blues using 'hokum' in the title, by Coley Jones & Dallas String Band. blues menggunakan 'hokum' dalam judul, oleh Coley Jones & Dallas String Band. And 1st. Dan 1. use of 'boogie woogie', by Pine Top Smith. Penggunaan 'boogie woogie', oleh Pine Top Smith.
1929 --- Charley Patton 1. recording. rekaman. 1st. 1. version on wax of “Roll & Tumble Blues”, by
Hambone Willie Newbern. versi pada lilin dari "Roll & Tumble Blues", oleh Willie Hambone Newbern. 1st. 1. record of”44 catatan "44 Blues”, by Lee Green. Blues ", oleh Green Lee. Memphis Minnie & Kansas Joe start recording. Memphis Minnie dan Kansas Joe mulai merekam.
1930 --- Bukka White & Anak rekaman debut House; juga Peetie Wheatstraw. 1932 --- Paramount
Records (mayor 'ras' label rekaman) go bust - pengurangan di semua sesi rekaman memperdalam Depresi Besar. Leadbelly sisi 1933, Perpustakaan Kongres; diawasi oleh John Lomax. 1934 --- Pertama kelompok Sante Fe dari pianis untuk merekam; dengan nama Rob Cooper. Cooper.
1935---lst. Leadbelly's 1st. termasuk itu "belakangan Baby Please Don't Go"'s. Leadbelly 1. commercial
records for ARC More urbanised blues appearing by such artists as Jazz Gillum, Washboard Sam, Big Bill Broonzy, etc. catatan komersial untuk ARC Lebih urbanisasi blues muncul dengan artis seperti Jazz Gillum, papan Sam, Big Bill Broonzy, dll
1936---Robert Johnson's 1st. --- Robert Johnson 1936's 1. records. catatan. Lebih Texas blues pianis
mendapatkan pada disk: Andy Boy, Pinetop Burkes, dll 1937 --- Pertama cakram oleh "Sonny Boy" John Lee Williamson, termasuk "Good Morning, Sekolah Girl". 1938 --- Big Joe Turner catatan dengan pria woogie boogie, Pete Johnson. 1st. gitar listrik dalam blues, dimainkan oleh jazzman putih, George Barnes; pada rekor oleh Jazz Gillum untuk label Bluebird.
1941--- lst. Catatan Lele Blues ", oleh Robert Petway, &" potong Saw ", oleh Tony Hollins. Kedua lagu
berasal dari Tommy McClennan, yang juga direkam. Rekaman debut Boy 'Arthur' Big Crudup ('s mentor Presley). Muddy Water's 1st. Air berlumpur itu 1.Rekaman untuk Perpustakaan Kongres.
1942 --- Strike dinyatakan oleh James Petrillo, Presiden Federasi Musisi Amerika (AFM) terhadap
perusahaan rekaman & operator kotak Juke. Pemogokan + penjatahan yang ketat dari lak (digunakan dalam pembuatan 78's), efektif berhenti rekaman blues. Larangan Petrillo berlangsung sampai 1944; larangan berarti tidak ada studio rekaman untuk beberapa waktu.















Musisi Blues Di Era Sekarang :
- W. C. Handy (1873-1958), "Sesepuh Blues"
- Bessie Smith (1894-1937)
- Memphis Minnie (1897-1973)
- Alberto Cañizares (lahir tahun 1979)
- Louis Armstrong, (1901-1971)
- Louisiana Red , (lahir tahun 1932)
- Miquelo Ortiz (lahir tahun 1977)
- Louis Jordan (1908-1975)
- Daniel Ibarra (lahir tahun 1979)
- Robert Johnson (1909/1912-1938)
- B. B. King (lahir tahun 1925)
- Ray Charles, (1930-2004)
- Herry Henger, (lahir tahun 1971)
- Jimi Hendrix (Guitar virtuoso - ahlinya ahli)
- Albert Collins (Ice Pickin`)
- Albert King (raja bending)
- B.B. King (The King of Blues)
- Big Bill Bronzy (folk blues yang banyak mempengararuhi peta blues dunia dari angkatan RobertJohnson, setidaknya nama ini sangat populer di papan atas blues)
- Buddy Guy (natural modern blues - orang yang banyak berjasa dalam sejarah blues, memainkan blues beda dengan yang lain dangan sangat natural dan klasik, setidaknya Eric Clapton yang berkomentar)
- Bonie Rait (ratu slide yang banyak dipengaruhi oleh Howlin Wolf dan Junior Well, Mudy Water dan Lowell George)
- Canned Heat (modern progressive)
- Charlie Christian (yang paling besar jasanya mempopulerkan electric guitar, tapi lalu ke jazz yang kemudian sound jazz sekarang adalah kreasi dia - Charlie Tone)
- Charlie Musselwhite (Pelopor sound harmonica diadaptasi ke gitar)
- Corey Harris (ortodok natural blues)
- Chris Thomas King (blues guitar resonance tidak banyak musisi dengan guitar reso dan ia salah satu yang konsisten)
- Chris Whitley (country blues dengan guitar reso sebagai andalan)
- Danny Gatton (salah satu Fender indoor angkatan 60-an. Kalau ada signature dari Fender, tentu bukan blueser sembarangan!)
- Dion (Bronx blues - akustik soul)
- Driftin' Slim (ortodok blues - harmonica virtuoso)
- Duanne Allman (the allman brothers, siapa yang nggak kenal ini, banyak fan fanatik yang minta biografi keluarga bluesman ini)
- Eric Clapton (pop blues virtuoso - pelopor unplug tahun 2000an, nyebrang dari eropa ke amerika dan akhirnya jadi blueser tulen yang mencetak Santana dan juga Bob Marley, orang akhirnya bilang Eric sebagai bluesman, dan sejak itu blueser disebut juga bluesman)
- Freddie King ( swing - funky blues)
- Fred McDowell (akhirnya artis blues ortodok Mississippi juga mempelopori kebangkitan blues di sana)
- Gary Moore (akhirnya nyebrang ke blues dan pelopor sweet rock blues)
- George Thorogood (pada jamannya panutan blues rock)
- Greg Koch (multi stylist blues - chicken pickn' - fender indor musician)
- Guitar Shorty (mengenalkan fuzz sound ke blues)
- Guitar Slim (perintis blues bar)
- Harmonica Slim (harmonica virtuoso - blues vocalis, pengembang suara pecah pada vocal yang sekarang vocalis blueser harus bisa)
- Hubert Sumlin (perintis progressive blues)
- James Blood Ulmer (pengembang blues jazz yang memainkan modes - 'modal' Ionian sampai Locrian).
- James Cotton (harmonica virtuoso yang memainkan modes)
- Jimmie Vaughan (kakak Stevie Ray Voughan -SRV yang berjasa mendorong SRV jadi blues virtuoso)
- Jimmy Dawkins (sebutannya Guitar King pada jamannya)
- Jimmy Johnson (funky blues dengan progressive grunge - banyak memberi inspirasi lahirnya rockabilly dengan beat-beat yang aneh untuk blues yang kemudian Albert King juga melahirkan Rumba blues)
- Jimmy Reed (paling banyak disebut-sebut mempengaruhi banyak musisi blues termasuk SRV)
- Jody Williams (phrase dan feelnya banyak mempengaruhi musisi lain generasi berikutnya dengan pattern-pattern seperti blues box. Turn arround yang sangat variatif - chicken pickn' dipelopori salah satunya oleh dia sangat kentara pada lagu: Henpecked And Happy)
- Joe Louis Walker (slide guitar blues virtuoso)
- John Hammond, Jr. (hammond memang keluaga blueser seperti Allman Brothers yang juga sangat terkenal)
- John Jackson (pelopor country blues dengan slide)
- John Lee Hooker (sangat banyak mempengaruhi blueser lain dengan chord-chord tunggalnya dan sound out karena feel - sering diaebut sebagai legendaris seperti halnya Robert Johnson)
- John Mayall (rock funky blues terkenal bareng Eric Clapton)
- Johnny Winter (Johny Guitar sebutannya yang salah satu Texas guitar virtuoso yang mana pada jamannya musiknya adalah pembaharuan)
- Jonny Lang (menjadi blueser termuda pada jamannya dan th 2006 baru 17 th dan sebelum itu menjadi buah bibir para senior blueser dan menjadi sangat terkenal)
- Junior Wells (ortodok blueser ini jadi acuan banyak musisi baru dengan nada-nada klasik bluesnya)
- John Williams (ia adalah classic player tapi siapa nyana ternyata juga sangat hebat memainkan blues ala klasik dan sangat solois)
- Lightnin' Hopkins (konsisten dengan kesederhanaan dan feel membuatnya tetap exist sepanjang karir dan banyak mempengaruhi generasi blueser)
- Little Mack Simmons (gaya blues manis membuat lagu yang didaur ulang jadi hit lagi)
- Little Milton (guitarist blues dengan gaya vocal yang sangat hati-hati mempermainkan riff dan blues form)
- Little Walter (satu lagi harmonica virtuoso yang banyak dibicarakan dan jadi acuan musisi lain)
- Lonnie Johnson (disebut-sebut sebagai pelopor jaming di blues walau dipertentangkan pada jamannya tapi lepas dari itu blueser ini paling rajin memainkan appregio pada blues)
- Lonnie Mack (pelopor Texas blues rock salah satu yang mempengaruhi SRV)
- Magic Sam (Chicago blues history menyebut Sam sebagai bluesman pembawa pembaharuan dan inspirator generasi berikut)
- Mike Bloomfield (Chicago blues yang dimainkannya dipengaruhi banyak musik relegius. Kemudian menjadi legend lahirnya blues rock dan gitar rock. Akhirnya Gibson Les Paul -jazz', bukan saja bagi blueser tapi juga rockers, Mambo blues membuat ia terkenal)
- Melvin "Lil' Son" Jackson (character sound akustik khas dengan vocal blue note yang selalu mewarnai lagunya)
- Muddy Waters (salah satu musisi legend dan jadi acuan generasi berikutnya)
- Otis Rush (juga inspirator bagi SRV, pengembang modes blues yang nada-nadanya jadi masuk ke jazz)
- Pete Franklin (legenda turn arround yang akhirnya banyak menjadi pattern standard turn arround di blues serta munculnya riff dan feel bagi solois blueser)
- Ray Charles (sebetulnya ia pianis dan karena jasanya pada blues mesti gitaris blues juga banyak terinspirasi darinya)
- Robben Ford (dari angkatan muda ia adalah nada segar dengan beat-beat yang baru dan sekarang menjadi banyak panutan blueser muda karena juga ia rada jazz progressive)
- Robert Johnson (legenda blues yang terkenal dengan judul-judul aneh dan kerap dihubung-hubungkan dengan voo doo seperti: Cross Road Blues, Hell Hound On My Tail, Me And The Devil Blues)
- Robert Cray (sangat dipertimbangkan karena melihat sisi blues dari cara yang sederhana walau rada pop tidak mengurungkan B.B. King untuk ngajak ia jaming)
- Robert Belfour (angkatan lama ini sangat kreatif dengan beat dan membuat blues menjadi lebih greget lagi untuk dimainkan melihat gayanya, mungkin Jack Johnson terinspirasi gaya ini hentakan pada neck sangat manis seperti kebanyakan lagu jack pada album perdananya)
- Robin Trower (ia banyak jasa melahirkan genre power metal, punk rock pada generasi-generasi berikutnya)
- Roy Buchanan (orang ini sangat terkenal pada eranya seperti halnya Kurt Cobain, Roy juga mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri di penjara)
- Roy Rogers (ia ada yang mengklaim sebagai The King of Rhytm sebutannya adalah The Delta Rhythm Kings, di rock kita punya Keith Richard Rolling stone dengan sebutan The Master of Rhytm)
- Scott Keeton (pernah merajai rock blues dengan 100 miles blues)
- Stevie Ray Vaughan (si jenius blues yang meninggal karena kecelakaan heli akhir generasi berikut 80an mengacu pada SRV seperti halnya di rock kalau bisa Joe Satriani hebat. Dan di blues hebat kalau bisa SRV)
- Sue Foley (cewek cantik ini mengejutkan banyak musisi saat kemunculannya pertama kali)
- T-Bone Walker (dikenal sebagai Mr. Boogie pengembang boogie wogie blues yang kemudian menjadi boogie pattern, dengan beat tinggi jadi moderate rock dan merupakan musisi yang banyak memberi nuansa blues berikutnya)
- Taj Mahal (banyak orang bilang blues orang ini aneh dan sampai sekarang masih digemari dengan andalan yang disebut dengan broken interval dan terkadang double stop mungkin saja double stop Eric Johnson terinspirasi dari sini, siapa tahu?)
- Tom Principato & Danny Gatton (dikenal dengan samba bluesnya, lagu-lagunya kerap muncul di bar-bar blues)
- U.P. Wilson (musisi dengan sound gitar aneh banyak lagunya adalah swing)
- Blues Lesson
Pelajaran pertama kita adalah bentuk dasar rhytm pada blues. Pengetahuan ini harus dikuasai oleh blueser
karena ke khasan inilah yang membedakan musik blues dengan musik lainnya. Sangat mudah dikenali bagi yang sudah tahu musik blues.
Seperti telah dijelaskan pada materi tempo dan power chord, kita akan melakukan rhytm pelajaran pertama
dengan menggunakan power chord dan ini sangat umum dan selalu ada lagu blues baru dengan type strum seperti contoh ini.
12 Bar Blues
Progressive blues yang paling mendasar dan sangat umum adalah 12 bar dan 8 bar yang disebut Stright Eight. Progress chord selalu I-IV-V dan seharusnya adalah dominanth 7. Namun untuk memulai kita akan menggunakan power chord untuk memudahkan pemahaman awal.
Di bawah ini adalah satu type pattern dari banyak sekali rhytm dan silahkan pelajari pelan-pelan. Tunggu
pattern rhytm lainnya.

- Blues Scale
C Blues scale
C - Eb - F - Gb - G - Bb - C
G Blues scale
G - Bb - C - Db - D - F - G
D Blues scale (Down - Up - Top)
D - F - G - Ab - A - C - D
A Blues scale
A - C - D - Eb - E - G - A
E Blues scale
E - G - A - Bb - B - D - E
B Blues scale (Down - Up - Top)
B - D - E - F - F# - A - B
F# and Gb Blues scales
F# - A - B - C - C# - E - F#
Gb - A - B - C - Db - E - Gb
Db and C# Blues scales
Db - E - Gb - G - Ab - B - Db
C# - E - F# - G - G# - B - C#
Ab Blues scale (Down - Up - Top)
Ab - B - Db - D - Eb - Gb - Ab
Eb Blues scale
Eb - Gb - Ab - A - Bb - Db - Eb
Bb Blues scale
Bb - Db - Eb - E - F - Ab - Bb
F Blues scale (Down - Up - Top)
F - Ab - Bb - B - C - Eb - F
- Pentatonik Minor & major
Pentatonic Minor
Pentatonic minor dalam blues sering juga disebut dengan pentatonic blues. Susunan nada sebenarnya hampir
sama dengan blues scale cuma dalam pentatonic minor ini nada blue note (nada blues) dihilangkan. sebelumnya' atau flat mi / b3 sama dengan ri dan flat sol / b5 adalah Fi . Ini berarti juga bahwa pentatonic minor ditambah b3(flat mi) dan b5(flat sol) adalah blues scale. Coba bandingkan antara pentatonic minor dan blues scale E agar jelas perbedaannya.
Kalau ada lagu minor blues seperti banyak lagu dari Gary Moore maka pola nada dari pentatonic minor sangat berguna waktu jaming. Berikut sedikit contoh pemakaian pentatonic minor scale.
Pentatonic minor dalam blues sering juga disebut dengan pentatonic blues. Susunan nada sebenarnya hampir
sama dengan blues scale cuma dalam pentatonic minor ini nada blue note (nada blues) dihilangkan. sebelumnya' atau flat mi / b3 sama dengan ri dan flat sol / b5 adalah Fi . Ini berarti juga bahwa pentatonic minor ditambah b3(flat mi) dan b5(flat sol) adalah blues scale. Coba bandingkan antara pentatonic minor dan blues scale E agar jelas perbedaannya.
Kalau ada lagu minor blues seperti banyak lagu dari Gary Moore maka pola nada dari pentatonic minor sangat berguna waktu jaming. Berikut sedikit contoh pemakaian pentatonic minor scale.
Pentatonik Minor Scale Di E

posisi pada E los string
Pentatonik Major
Pentatonic Major
Pentatonic major dalam blues adalah penting dikuasai walau tidak mutlak. Akan tetapi dalam pembentukan
solo atau melodi hampir semua musisi menggunakan scale ini karena memberi nuansa berbeda. Pada musik blues sering orang bilang major blues atau terkadang major minor blues.
Pentatonic major scale banyak muncul pada pengusung modern blues, jazz blues seperti misalnya sang
legendaris B.B. King dan dari orang jazz ada George Benson yang ciamik memadukan pentatonic major dengan nada ke 6 (biasanya ditulis chord 6th). Saya sendiri sering menyebutnya sebagai melodi 6 atau seperti nada dominanth 7 saya sebut sebagai melodi 7. Sebutan itu cuma untuk memudahkan bahwa solo/melodi yang kita mainkan bernuansa nada ke 6 (la). Atau kalau chord A mendapat tambahan nada 6 akan menjadi A6. Kalau kita dengarkan solo dari B.B. King yang indah, maka kita harus menguasai pentatonic major dengan baik. Agar nuansa lick menjadi muncul diantara nada chord 7 seperti A7, D7 dan E7 serta diselingi dengan chord 6.
Berikut contoh penekanan permainan pentatonic major atau juga solo yang kental dengan nuansa nada ke 6.
Semua contoh pada basic lesson sengaja dibuat pelan agar pemula lebih mudah mendengarkan setiap perbedaan scale.

Atas Nama Blues Ku Ucapkan ........... Thanks You .. !!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar